Desa Siaga Mandiri

Sampai sejauh mata memandang hari ini Tubanan belum bisa menjadi aktor untuk sektor kesehatannya. Bukan masalah siapa petinggi, atau besarnya dana yang ada, namun pola pikir yang masyarakat adalah faktor utama untuk menjadi berhasil dari sisi kesehatan.

Perilaku Hidup Bersih Sehat, yang diketuk pertama kali adalah hati kecil masyarakat itu sendiri untuk bisa memahami tentang kesehatan. Baik untuk diri sendiri, keluarga serta masyarakat. Jikalau kesadaran ini sudah dimiliki dari setiap individu maka secara otomatis desa akan terbawa dengan sendirinya. Misalkan berawal dari hal yang paling kecil, menjaga kebersihan bak air dalam rumah. comberan, sampai dengan buang sampah pada tempatnya. Semua itu adalah berawal dari masyarakat yang paling kecil yaitu individu. Ciptakan kebiasaan kebiasaan yang baik dan benar, sehingga kalau sedah menjadi kebiasaan akan menjadi hal yang ringan.

1  2DSC03847  DSC03850

Tubanan membentuk kader PHBS, perekrutan dilakukan atas tunjuk dari RT sesuai kreteria yang di sepakati di rapat Forum Kesehatan Desa, Bidan desa dan Akselerator kesehatan dari DKK. Sehingga hari ini terdata ada 43 kader, karena Desa Tubanan terdiri dari 43 RT dari 7 RW yang ada.

Pembekalan kader kali ini berawal dari pemantauan Jentik, ini akan dilakukan setiap bulan oleh kader dan dilaporkan ke DKK melalui Akselerator yang ada.

Agenda berikutnya adalah pendataan total populasi (Survey Mawas Diri). Dari SMD inilah peta kesehatan secara riil bisa terbaca dengan jelas. Dan dengan data ini pula akan muncul perencanaan perencanaan yang merupakan solusi dari segala masalah kesehatan yang ada di desa Tubanan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan